Sejarah Perkembangan SI/TI dan Perkembangan Perangkat Keras & Lunak
BAB 1
SEJARAH PERKEMBANGAN SI / TI
a. Sejarah SI / TI
·
Sistem Informasi
Sejarah dan Perkembangan Sistem Informasi
dari masa ke masa di kelompokan jadi 5 kurun waktu(Generasi):
-
Generasi Pertama(1945-1955)
Generasi awal ini adalah asal perkembangan
system komputasi elektronik, dan sudah mengganti gagasan mesin komputasi
mekanis. Didalam kehidupan manusia sangat perlu adanya perangkat komputasi agar
bisa mengatasi mengatasi keterbatasannya dalam melakukan komputasi, contohnya
yaitu:
Kecepatan dalam melakukan perhitungan
manusia sangat terbatas
Manusia sangat gampang membuat kesalahan
Dari masalah diatas maka manusia
mengupayakan untuk meningkatkan kemapuan perhitungan sejak awal peradaban
manusia.
-
Generasi Kedua(1955-1965)
Pada generasi kedua ini sudah mulai
mengembangkan teknologi yang namanya ‘Batch Processing System’. Jadi
pekerjaan-pekerjaan akan dikumpulkan dalam satu rangkaian selanjutnya system
akan melakukan pengeksekusian secara parallel. Pada generasi ini juga masih
belum ada yang namanya system operasi, namun beberapa fungsi seperti
FMS(Fortran Monitoring System) dan IBSYS yang memberikan layanan perangkat
keras yang merupakan satu fungsi dari system operasi modern. Pada tahun 1964,
perusahaan IBM merilis computer keluarga yaitu system/360, dimana computer ini
sudah kompatibel dengan dengan hardware yang merupakan salah satu bagian dari
system operasi OS/360.
-
Generasi Ketiga(1965-1980)
Perkembangan teknologi khususnya di bidang
system informasi sangat pesat, dengan bukti adanya system operasi bagi pemakai
yang sangat interaktif. User dengan user bisa berinteraksi langsung melalui
computer secara online yang telah dihubungkan ke computer yang lain. Pada
generasi ini juga sudah banyak teknologi yang bisa digunakan, contohnya yaitu:
Multiuser, artinya adalah bisa digunakan
oleh banyak orang. Dengan adanya teknologi ini membuat user lebih mudah untuk
berkomunikasi dengan user lain melalui computer.
Multiprogramming, artinya adalah bisa
melakukan banyak program sekaligus pada waktu yang bersamaan. Teknik ini
meningkatkan Utility pemroses dengan mengorganisasikan semua tugas, dalam hal
ini pemroses selalu mempunyai satu tugas yang harus di eksekusi.
Timesharing, artinya adalah merupakan
bagian dari multiprogramming dimana tiap pemakai satu terminal atau online.
Spooling, menciptakan peripheral
seakan-akan dapat digunakan bersamaan sekaligus pada satu waktu yang sama, dan
bisa diakses secara simultan, yaitu dengan cara mnyediakan beberapa partisi
memori. Saat terdapat permintaan layanan tersebut system akan langsung menerima
dan data disimpan terlebih dahulu didalam memori yang disediakan dan
selanjutnya akan dilayani oleh peripheral.
-
Generasi Keempat(1980-2000AN)
Pada generasi keempat ini system operasi
tidak hanya digunakan untuk satu metode pengolahan saja namun tetapi telah
ditunjukan untuk banyak mode pengolahgan, contohnya ialah mendukung batch
processing, timesharing, networking dan realtime application. Pada generasi ini
juga kenyamanan dalam mengoperasikan system computer sungguh penting, dan
dengan adanya GUI(Graphical User Interface) juga pada generasi ini telah
memberikan user interface yang sangat nyaman.
-
Generasi
Kelima(2000AN-Sekarang)
Pada generasi ini munculah
computer-komputer modern seperti Laptop atau Notebook
·
Teknik Informatika
Komputer adalah sebuah fenomena yang luar biasa dalam
sejarah manusia. Komputer jugalah yang menyebabkan adanya teknik informatika.
Sejarah komputer bisa kita runut kembali dari 3000 SM. Pada saat itu alat
menghitung sudah ada di Cina, yaitu sebuah sempoa yang tebuat dari kayu dan
butiran-butiran. Kemudian, pada tahun
1623 seorang ilmuwan Jerman bernama Wilhelm Schikard menciptakan mesin hitung
yang bisa, menambah, membagi, mengurang, dan mengkali. Tetapi mesin penghitung
otomatis pertama dibuat oleh Braise Pascal dari Perancis pada tahun 1642. Pada
awal abad 19 Joseph Marie Jacquard menumukan punch card pertama yang pada saat
itu digunakan pada industri tekstil. Tahun 1842 Ada Lovelace membuat sebuah set
instruksi yang menjadi pelopor bahasa pemprograman modern, dengan penemuan ini,
Ada dinobatkan menjadi programmer komputer pertama.
Pada awal abad 20 Herman Hollerith dari Amerika menggunakan
ide yang hampir sama dengan Jacquard, yaitu sebuah mesin yang membuat dan
membaca puch card. Alat ini digunakan pada sensus Amerika dan membuat
perhitungan sensus tersebut menjadi empat kali lebih cepat. Hollerith adalah
salah satu pendiri International Business Machine (IBM). Pada tahun 1930-an,
Howard Aiken mengembangkan Mark I (sebuah komputer penghitung) yang dibuat oleh
IBM. Mark I menggunakan relays dan komponen elektromagnetis untuk menggantikan
komponen mekanis. Howard juga memperkenalkan komputer pada universitas dengan
membuka program ilmu komputer pertama di Harvard University. Sejarah komputer
berikutnya ada pada tifa komputer besar yang akan mempelopori komputer-komputer
selanjutnya. Tiga komputer itu disebut EDVAC, ENIAC, dan UNIVAC. EDVAC adalah
singkatan dari Electronic Discrete Variable Automatic Computer yang dibuat oleh
John von Neuman.
Komputer ini adalah komputer pertama yang menyimpan
programnya di dalam memori komputer tersebut ENIAC (Electronic Numerical
Integrator And Computer) dibuat oleh John Mauchly dan Presper Eckert Jr, di University
of Philadelphia pada tahun 1945. Komputer ini dinobatkan menjadi digital
komputer pertama, tetapi komputer ini mempunyai masalah yang sangay besar,
lebar dari komputer ini adalah 167 m, dan beratnya lebih dari 27.000 kg.
Sedangkan UNIVAC ( Universal Automatic Computer) yang juga dibuat oleh Eckert
dan Mauchly, tetapi kali ini di bawah perusahaan Rand Corporation. Keunggulan
dari komputer ini adalah bisa diaplikasikan untuk berbagai macam jenis
industri.
Pada tahun 1948 di Bell Telephone Laboratories, Walter
Houser Brattain, John Barder dan Wiliam Bradford Shockley mengembangkan
transistor yaitu sebuah alat yang bisa berfungsi sebagai tombol listrik.
Setelah ditemukannya transistor tersebut, maka timbullah intergrated circuits,
yaitu sebuah chip silicon yang berisi transistor-transistor dan
komponen-komponen elektris lainnya yang ditemukan oleh Jack Kilby dan Robert
Noyce. Integrated circuits semakin lama semakin mengecil, dan akhirnya menjadi
microprocessor yang bisa menampung jutaan transistor. Dengan adanya penemuan
ini, maka komputer akhirnya bisa menjadi lebih kecil dan lebih murah. Komputer
kecil ini disebut juga dengan istilah personal computer (PC). PC pertama adalah
Altair 8800 yang diproduksi oleh Micro Instrumentaiton Telemetry Systems. Altair
8800 menggunakan prosesor 8080, power supply, panel muka dengan lampu yang
banyak memiliki memory 256 bytes dan paket ini dipasarkan $395. Komputer
pertama ini memberikan ide dengan perusahaan lain untuk membuat aplikasinya,
seperti dibuatnya sistem operasi CP/M (Control Profram for Micro prosesor) dan
versi pertama program bahasa Microsoft Basic (Beginners All Purpose Symbolic
Instruction Code).
Pada saat ini, perkembangan sistem operasi canggih seperti
Windows, Mac, OS, dan Linux memungkinkan pengguna komputer untuk menggunakan
program dan memanipulasi data dengan cara yang tidak pernah terbayangkan
sebelumnya, semakin lama komputer akan semakin mengalahkan manusia, ini bisa
dibuktikan dengan kalahnya Garry Kasparov terhadap Deep Blue (sebuah supercomputer
yang dapat memperhitungkan lebih dari 100 juta posisi catur per detik) dalam
suatu pertandingan pada tahun 1997. Akhirnya Deep Blue dijadikan prototipe dari
komputer masa depan yang harus menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks.
Komputer belum bisa dianggap melebihi manusia karena komputer tersebut adalah
hasil dari suatu program yang dibuat oleh manusia untuk menyelesaikan suatu
masalah, tetapi bisa saja suatu saat komputer mempunyai kemampuan untuk belajar
dan akhirnya menyelesaikan masalah dengan sendirinya. Itulah sedikit gambaran
dari masa depan kita.
b. Perkembangan
Komputer
-
Komputer Generasi Pertama
Perangkat komputer yang pertama kali
dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan
yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang
Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut
mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.
Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah
CPU. Ya, central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I
merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem
dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi
pertama adalah “machine language”.
-
Komputer Generasi Kedua
Penemuan penting telah terjadi di generasi
kedua ini. Adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja
komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi
perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba
menggarap komputer generasi kedua.
Beberapa intansi, perusahaan, universitas,
serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua.
Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer
generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.
-
Komputer Generasi Ketiga
Dalam pemakaiannya, transistor membuat
komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai
ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan
penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih
dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau
Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi
satu.
Dengan begitu, ukuran komputer menjadi
lebih kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor
sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.
-
Komputer Generasi Keempat
Pada generasi ini, komputer yang
menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale
Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil,
satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal
computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke
sektor perorangan. Tak berhenti sampai disitu, muncullah perangkat komputer
yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.
-
Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima adalah yang saat
ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi
kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil
adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak
lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan
tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak.
Lalu, akankah komputer generasi kelima terealisasi? Hanya waktu yang bisa menjawab.
c. Perangkat
Komputer
-
Perangkat Lunak ( Software )
Perangkat lunak adalah
istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk
program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan
ditulis oleh komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih
dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu :
1. Sistem Operasi
Program dasar pada
komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi
yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi
termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi
input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
2. Sistem Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi
adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan
komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan
berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan
tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh
utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar
media.
-
Perangkat Keras ( Hardware )
Perangkat keras komputer
adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di
dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak
(software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan
tugasnya. Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan
kegunaanya:
1. Keyboard
Keyboard merupakan unit
input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard
dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media
bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file.
2. Mouse
Mouse adalah salah unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau
kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard.
3. Processor
Processor disebut juga
otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula
komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor
adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest
pengguna.
4. Motherboard
Motherboard adalah papan
sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC
atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Motherboard yang banyak
ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat
dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
5. RAM
RAM (Random Access
Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan
menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas
sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.
6. CMOS
CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.
CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.
7. Casing
Casing berfungsi untuk
menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada
motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor
tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.
8. Monitor
Monitor komputer adalah
salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal
elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar
yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor
memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
9. Power Supply
Sesuai dengan namanya
power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar
dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
10. Harddisk
Harddisk adalah sebuah
komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan
magnetis. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson
di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2
kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per
minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang
hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
11. Cooling fan
Kipas atau Pendinginan
komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang
pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari
sebuah komputer.
d.
Pemanfaatan SI / TI
bertujuan untuk
mengetahui pemanfaatan sistem informasi dan teknologi informasi dalam menunjang
ecommerce atau dalam bidang pertanian disebut e-agribisnis. Penggunaan
e-agribusiness dalam dunia pertanian digunakan untuk kegiatan pertanian yang
memanfaatkan sistem informasi dan teknologi informasi. Untuk membuat aplikasi
e-agribusiness dapat memanfaatkan aplikasi web yang open source, sehingga untuk
pembuatan program e-agribusiness tidak membutuhkan biaya yang relatif besar,
aplikasi web yang digunakan berupa sistem manajemen konten, seperti joomla,
drupal, wordpress dan lain.lain. Dalam
sistem manajemen konten ini, pengguna dapat menambah, mengedit, mengelola, dan
memasukan konten-konten yang ada seperti teks, grafis, video, dokumen, bahkan
dapat melayout ulang web yang dibuat. Setelah membuat web menggunakan sistem
manajemen konten, selanjutnya menentukan nama domain dan hosting. Domain adalah
sebuah alamat, yang dapat diakses oleh pengunjung situs. Misalnya
www.google.com, www.deptan.com domain berfungsi sebagai alamat dan sekaligus
sebagai brand (merek) dari sebuah perusahaan, sehingga apabila nama domain
mudah di ingat dan di kenal, akan mempengaruhi pengguna mengunjungi situs. Hosting
berfungsi sebagai tempat
menyimpan semua data-data yang berhubungan dengan website. Hosting terhubung
dengan internet selama 24 jam sehingga pengguna yang ingin melihat website
dapat mengunjunginya kapan saja. Dalam menerapkan e-agribusiness diharapkan
dapat menggunakan aplikasi web yang sudah ada seperti sistem manajemen konten,
sehingga pengguna yang mengelola e-agribusiness dapat membangun e-agribusiness
sendiri.
BAB 2
Perkembangan perangkat keras & Perangkat
Lunak
a. Pemahaman
Komponen perangkat keras
-
Input
1. Keyboard
Keyboard adalah sebuah
perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka
maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file
dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.
2. Mouse
Mouse adalah sebuah
perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada
layar monitor.
3. Joystick
Joystick adalah alat
masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan
pada komputer.
4. Track Ball
Trackball adalah
perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang
memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.
5. Light Pen
Lightpen adalah pointer
elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan
screen (monitor).
6. Scanner
Scanner adalah alat input
yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses
penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang
hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
7. Touch Screen / Touch
Pad
Touchpad adalah sebuah
alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat
menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan
pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook
dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.
-
Output
Output adalah keluaran
dari hasil Pemrosesan Input yang berupa tampilan ataupun Suara. Dan Perangkat
Device dalam Output adalah :
1. Speaker
Speaker adalah perangkat
keras keluaran(Output) yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan
berupa suara dari komputer.
2. Printer
Printer adalah perangkat
keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada
media kertas.
3. Monitor
Monitor adalah sebuah
perangkat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang
dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang
memakai komputer.
4. Proyektor
Projecetor adalah
perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik,
dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding
atau layar.
-
Proses
Proses berfungsi untuk
mengolah data dari Imput ( masukan ) kemudian mengeluarkannya ( Output ) berupa
Informasi. Dan Perangkat Device dalam Proses adalah :
1. Processor
Processor adalah
perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan, pengertian dan
melaksanakan perintah dari pelaksanaan program.
2. RAM ( Random
Acces Memory )
Ram (Random Access
Memory) adalah Tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak
dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.
3. Motherboard
Mainboard adalah papan
sirkuit utama yang berguna sebagai tempat macam-macam komponen elektronik yang
saling terhubung yang memiliki chip bios, port, slot dan jalur konektor sebagai
penghubung dari masing-masing perangkat.
4. VGA ( Video
Graphic Array )
VGA Card (Video Graphics
Accelerator) Adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah sinyal digital
menjadi sinyal gambar.
-
Penyimpanan
Media penyimpanan
berfungsi untuk menyimpan data-data dari komputer. Dan Perangkat Device dalam
Penyimpanan adalah :
1. Harddisk
Harddisk adalah Perangkat
keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang
mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.
2. Flashdisk
Flashdisk adalah
perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas
ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 128GB kapasitas penyimpanan.
3. FDD (Floppy Disk
Drive)
FDD (Floopy Disk Drive)
adalah perangkat keras yang digunakan untuk memutar piringan dan menggerakan
head baca tulis yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam disket.
4. Magnetic Tape
Magnetic Tape adalah
salah satu peralatan yang digunakan untuk penyimpanan data untuk berkas besar
yang diakses dan diproses secara sequensial.
b. Pemahaman
Perangkat lunak
-
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak
tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan
perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch,
distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada
perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
-
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak
Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan perangkat lunak mempunyai
ciri-ciri multi user. Pengguna dari
software sudah banyak dan bisa saling berbagi.
Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan
komputer (Human Computer Interaction).
Selain itu, ciri dari
tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana
sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak
sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket
perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam
perangkat lunak.
-
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak
tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun
1970 sampai awal tahun 1990.
Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem
terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer
tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu
komputer harganya sangat murah. Selain
itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu
masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
-
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak
Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat
lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat
keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem
operasi. TIngkat kecerdasan dari
perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software
dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia. Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan
buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan
komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini. Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah
berorientasi obyek (OOP).
1. Perangkat Lunak
Sistem
Perangkat lunak sistem
adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer
yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi
dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer.
1.1 Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman (programming
language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar
menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan
dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program
komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara
persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan
disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil
dalam berbagai situasi.
-
Java
Java merupakan bahasa
pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC sampai
perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green
Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle.
-
C
Bahasa C ini termasuk
bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa pemrograman C ini
dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C adalah Dennis Ritchie
-
PHP
PHP (PHP Hypertext
Pre-processor) merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di
Indonesia. Selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman
ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun
website dinamis.
-
Visual Basic
Visual Basic merupakan
bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini
menawarkan IDE visual dalam pembuatan software, dan bahasa pemrograman ini
dikembangkan untuk membuat software-software berbasis sistem operasi Windows.
VisualBasic sendiri adalah keturunan dari bahasa pemrograman BASIC.
-
C++
C++ merupakan bahasa
pemrograman pengembangan dari bahasa C. C++ dan C memiliki sintaks penulisan
yang hampir sama, meski begitu kedua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan
pada penyelesaian masalahnya. Pada bahasa C penyelesaian masalah dilakukan dengan
membagi-bagi kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil lagi atau bisa disebut
bahasa pemrograman prosedural, sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana
permasalahan dibagi-bagi kedalam class-class. C++ pertama kali dikembangkan
oleh Bjarne Stroustrup.
-
JavaScript
JavaScript adalah bahasa
pemrograma yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini
kebanyakan terdapat pada pengembangan web. Dengan JavaScript ini kita bisa
membuat web yang interaktif dan menarik.
1.2 Sistem Operasi
Sistem operasi (bahasa
Inggris: operating system) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber
daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon)
untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program
aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
-
Linux
Linux (diucapkan ˈlɪnəks
atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer
bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat
lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber
terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan
dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama "Linux"
berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus
Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari
sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi
GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
-
Android
Android (/ˈæn.drɔɪd/;
an-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat
bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android
awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google,
yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara
resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance,
konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan
telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat
seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.
-
iOS
iOS (sebelumnya iPhone
OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan
didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun
2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung
perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone
(Windows CE) Microsoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk
diinstal di perangkat keras non-Apple. Hingga September 12, 2012, App Store
Apple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh
lebih dari 30 miliar kali. SO ini memiliki pangsa pasar 14,9% untuk unit sistem
operasi perangkat bergerak telepon cerdas yang dijual pada kuartal ketiga 2012,
terbanyak setelah Android Google. Pada bulan Juni 2012, iOS mencakup 65%
konsumsi data web perangkat bergerak (termasuk di iPod Touch dan iPad). Pada
pertengahan 2012, terdapat 410 juta perangkat bergerak yang diaktifkan. Menurut
Apple pada tanggal 12 September 2012, 400 juta perangkat bergerak iOS telah
dijual sepanjang bulan Juni 2012.
-
MacOS
macOS, atau yang
sebelumnya disebut OS X, adalah antarmuka grafikal sistem operasi yang
dikembangkan dan disebarkan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini disediakan untuk
komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001
dan populer di kalangan pengguna.
Karakter "X"
adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari
sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9.
Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti
"eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena
tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran
"x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix).
2.
Perangkat Lunak Aplikasi
Aplikasi perangkat lunak (bahasa Inggris: software application) adalah
suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer
langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya
dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai
kemampuan komputer, tetapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut
untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat
lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
2.1
Aplikasi Office
-
Microsoft Word
Microsoft Word atau Ms Office Word merupakan perangkat lunak atau program
pengolah kata andalah Microsoft. Program ini diterbitkan pertama kali pada
tahun 1983 sebagai Multi Tool Word untuk Xenix. Selanjutnya beberapa versi lain
juga dikembangkan untuk digunakan di sistem operasi lainnya. Setelah jadi
bagian Ms Office System 2003 dan 2007, program ini dinamai dengan Ms Office
Word. Sementara itu di Ms Office 2013, namanya menjadi Word.
-
Microsoft Excel
Ini adalah program aplikasi lembar kerja yang dibuat oleh Microsoft
Corporation untuk Ms Windows dan Mac OS. Program pengolah angka ini dilengkapi
fitur kalkulasi dan pembuatan grafik sesuai dengan strategi marketing
Microsoft. Hal ini membuat Ms Excel sebagai salah satu program komputer yang
banyak digunakan untuk komputer mikro sampai saat ini. Saat ini, bahkan program
ini menjadi program spreadsheet yang paling banyak dicari oleh banyak pihak.
-
Microsoft PowerPoint
Power Point adalah aplikasi presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft
dalam paket aplikasi kantoran mereka. Power Point berjalan di komputer PC
berbasis Microsoft Windows dan Apple Macintosh. Walaupun aplikasi ini awalnya
berjalan dengan sistem operasi Xenix, Power Point banyak digunakan di kalangan
pebisnis dan kantoran, siswa, pendidik, dan trainer. Versi Power Point terbaru
adalah versi 15 yakni Ms Office Power Point 2013.
-
Microsoft Outlook
Ini adalah bagian dari suite Ms Office. Biasanya aplikasi ini digunakan
untuk membaca dan mengirimkan surel. Ms Outlook juga dilengkapi dengan fungsi
jadwal kerja, kalender, jurnal, dan catatan. Jika digunakan bersama Microsoft
Exchange Server, aplikasi ini dapat memberikan akses kalender, surat, dan
jadwal secara bersamaan.
-
Microsoft Publisher
Ini merupakan paket aplikasi perkantoran dari Microsoft yang berguna
untuk membuat surat kabar, Desktop Publishing, kartu ucapan, dan masih banyak
lagi. Awalnya Microsoft Publisher digunakan untuk Ms Office 2003 dan kemudian
Ms Office 2007. Yang terbaru Publisher hadir di Ms Office 2010 pada edisi
Profesional.
-
Microsoft Access
Ini adalah program aplikasi berbasis data komputer relasional untuk skala
rumahan dan perusahaan mikro sampai menengah. Aplikasi ini adalah mesin basis
data Ms Jet Database Engine dan menggunakan tampilan grafis intuitif sehingga
dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya.
-
Microsoft Info Path
Program aplikasi ini digunakan untuk membuat formulir pemasukan data
dengan basis XML. Info Path pertama kali dirilis sebagai bagian Ms Office
System 2003 dan saat ini merupakan bagian Ms Office System 2007. Saat
dikembangkan, InfoPath mempunyai nama kode XDocs dan menyediakan fitur – fitur
seperti membuat dan menampilkan dokumen XML yang didukung skema XML. Info Path
juga dapat dikonfigurasi untuk memungkinkan terhubung dengan sistem eksternal
menggunakan XML Web Services lewat MSXML dan SOAP Toolkit.
-
Microsoft Lync
Ini adalah aplikasi Microsoft yang sebelumnya dinamai dengan Office
Communicator 2007 R2. Aplikasi ini dikeluarkan pada tahun 2011 dan saat ini
sudah hadir dalam paket Ms Office 2013. Sebenarnya Lync mempunyai banyak
fungsi. Tetapi bagi kebanyakan pengguna, Lync merupakan instant messenger
seperti MSN Messenger dan Google Talk, Skype, dan Yahoo Messenger.
-
Microsoft One Note
Aplikasi ini sesuai dengan namanya dapat digunakan sebagai kertas catatan
di mana Anda dapat menggambar, menulis, mencorat coret, memasukkan objek, dan
menampilkan screenshot.
-
Microsoft Visio
Ini adalah program aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat diagram,
flowchart, skema jaringan, dan brainstorm. Aplikasi ini memanfaatkan grafik
vektor untuk membuat diagram.
2.2
Aplikasi Multimedia
1.
Media Player
Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan
untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media
player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video.
-
Windows Media Player, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam
paket Microsoft Windows.Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh
Nullsoft Inc..
-
WinDVD, bersifat komersial
dan diproduksi oleh Intervideo.
-
PowerDVD, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
-
Musicmatch Jukebox,
bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
-
DivX Player, bersifat
freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
-
Real Player, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
-
XMMS, audio player bersifat
open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
-
Xine, DVD player yang
bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
2.
Audio/Video Editor
Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang
digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan
audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses
pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas
audio/video.
-
Adobe Premiere Pro,
bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
-
Adobe Premiere Elements,
bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
-
Windows Movie Maker,
bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
-
Pinnacle Studio, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
-
TMPGEnc, bersifat komersial
dan diproduksi oleh Pegasis Inc.
3.
Graphis/Image Viewer
Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan
untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini
sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image
viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif
(CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll.
-
ACDSee, bersifat komersial
dan diproduksi oleh ACD Systems.
-
XNView, bersifat freeware
dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
-
Irfan View, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
-
Microsoft Picture Manager,
bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
-
Microsoft Picture and Fax
Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
4.
Graphic/Image Editor
Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk
melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara
interaktif pada sistem komputer.
-
Adobe Photoshop, merupakan
vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe
Systems.
-
Corel Draw, merupakan
vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
-
Microsoft Paint, merupakan
bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft
Windows.
-
Paint Shop Pro, merupakan
vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel
Corporation.
-
GIMP, merupakan bitmap dan
vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team
dengan lisensi GNU General Public License.
5.
Animasi
Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk
membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi
adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti
kartun dan gambar tidak riil.
-
Macromedia Flash, merupakan
perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll.
Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
-
Houdini Animation Software,
bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
-
Power Animator, merupakan
generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan
diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
6.
Graphic 3D
Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang
digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk
gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah
dalam bentuk 2 dimensi.
-
3D Studio Max, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.
-
Silo 3D Modelling, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Nevercenter Ltd. Co.
-
Maya, bersifat komersial
dan diproduksi oleh Alias Systems Corp
2.3
Aplikasi Internet
Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus
bertambah, wiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi
internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik,
militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industri.
Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini., yang paling
banyak dikenal dan digunakan, antara lain World Wide Web (www), E-mail, Mailing
List (milis), News group, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP),
Telnet, Gopher, dan Ping.
-
World Wide Web (WWW) : WWW
adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di
seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML.
-
E-Mail : E-Mail atau surat
elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat
dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan e-mail seperti
yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.
-
Mailing List : Mailing list
atau Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau
bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.
-
Newsgroup : Newsgroup
adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain
dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan
ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.
-
Internet Relay Chat : IRC
adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet.
Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting.
-
File Transfer Protocol : FTP
adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file
ke atau dari komputer lain. FTP biasa digunakan untuk download dan upload file.
-
Telnet : Telnet adalah
aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.
Telnet dapat digunakan jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and
Password ke komputer tersebut.
-
Gopher : Gopher adalah
aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun,
informasi yang didapat hanya terbatas pada teks saja.
-
Ping : Ping adalah Packet
Internet Gopher yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita
gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar