TREND SI/TI DALAM BIDANG BISNIS DAN MASA DEPAN
BAB V
TREND SI/TI MASA DEPAN
- EKONOMI API (Aplikasi
Penghubung Pemrograman)
API economy
(application programming interface economy) adalah istilah umum yang
mendeskripsikan cara sebuah aplikasi penghubung pemrograman (API) dapat secara
positif mempengaruhi profabilitas suatu organisasi. Dalam API itu terdapat
fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalam
system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh
programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan API tersebut kemudian akan
memanggil system callssesuai dengan sistem operasinya.
Keuntungan memprogram dengan menggunakan API adalah:
- Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system callberbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
- Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.
API2
API Network
System call interface ini berfungsi sebagai penghubung
antara API dan system call yang dimengerti oleh sistem operasi. System call
interface ini akan menerjemahkan perintah dalam API dan kemudian akan memanggil
system calls yang diperlukan.
Untuk membuka suatu file tersebut user menggunakan program
yang telah dibuat dengan menggunakan bantuan API, maka perintah dari user
tersebut diterjemahkan dulu oleh program menjadi perintah open().
Perintah open() ini merupakan perintah dari API dan bukan
perintah yang langsung dimengerti oleh kernel sistem operasi. Oleh karena itu,
agar keinginan user dapat dimengerti oleh sistem operasi, maka perintah open()
tadi diterjemahkan ke dalam bentuk system call oleh system call interface.
Implementasi perintah open() tadi bisa bermacam-macam tergantung dari sistem
operasi yang kita gunakan.
- Pemasaran
Dimensi
Bidang pemasaran yang telah berkembang secara pesat dalam
setengah dekade terakhir, evolusi secara digital yang dapat menghubungkan customer telah membuat perubahan ynag drstis dalam
dunia pemasaran. Terbentuknya visi baru dari pemasaran membuat banyak
perusahaan yang berinventasi pada teknolohi untuk automasi pemasaran,
pendekatan generasi selanjutnya omnichannel, pengembangan konten, dan analitik
customer.
Tahun ini, Manajemen Data Platform (DMP) akan membawa
semakin banyak offline dan data yang dimiliki-channel bersama-sama dengan data
media online untuk tampilan tunggal pelanggan. Pemasaran dimensi akan
memusatkan data, pengambilan keputusan, dan pengiriman untuk memberikan nilai
pada setiap langkah perjalanan konsumen.
Yang biasanya pemsaran dilakukan pada billboard yang ada
dipinggir jalan, atau iklan televisi, koran, maputun radio, sekarang kita dapat
memanfaatkan kan pemasaran produk menggunakan media sosial. seperti contoh
hashtag yang dimiliki twitter. media sosial yang dapat bertukar fotor, video,
pesan, dan menyebarkan postingan dapat dimanfaatkan para marketer untuk memulai
pemasaran produk miliknya. Hal ini dapat membuat market semakin
approachable bagi customers.
- Robot
Manusia
Bagi kalian dan sekaligus saya, betapa kerennya dunia ini
jika manusia hidup dengan robot-support untuk setiap pekerjaan kita seperti
yang ada pada film sci-fi yang sedang trend baik pada zaman dulu maupun yang
lagi trend sekarang. Well, the future of robots already here. ya, tanpa
disadari sekarang sudah banyak robot disekeliling kita, walaupun bentuk
fisiknya tidak seperti apa yng telah kita imanjinasikan seperti yang ada ada
film kebanyakan namun robot sudah mengelilingi kehidupan manusia, mesin atm,
self-service checkout lanes, mesin pabrik, dll. Sehingga dimasa depan robot
menjadi lebih populer, efisien dan murah.
- Pekerja Teknologi Informasi Bagi Masa Depan
Salah satu peranan teknologi informasi bagi perusahaan yang
paling nyata adalah semua pekerjaan akan lebih cepat dan akurat. Penerapan
teknologi informasi yang efektif akan mengurangi biaya yang tidak diharapkan
dan dapat meningkatkan fleksibilitas. Hal ini akan terlihat dalam alur bisnis
yang menjadi lebih terorganisir dan tersentralisasi.
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak
digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap
pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan
kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada
kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP
adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam
perusahaan.
BAB VI
TREND SI/TI DALAM BIDANG
BISNIS
1. Pengertian dan Tujuan Bisnis
Hooper :
Bisnis adalah Segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada
pada berbagai bidang seperti penjualan (commerce) dan industri, industri dasar,
processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi,
perbankkan,insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani dan
memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara
menyeluruh.
Urwick dan hunt:
Bisnis adalah segala perusahaan yang membuat, mendistribusikan,
ataupun menyediakan segala barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota
masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu untuk membeli atau membayarnya.
Tujuan Bisnis:
Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk
dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau
jasa.Tujuan perusahaan membuat produk adalah unruk mendapatkan laba, yakni
imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi
konsumen.
Pada umunya tujuan didirikannya bisnis atau perusahaan tidak
hanya profit orientedsemata, namun secara keseluruhan tujuan didirikannya
perusahaan meliputi :
- Profit
- Pengadaan barang atau jasa
- Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
- Full employment
- Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
- Kemajuan atau pertumbuhan
- Prestise dan prestasi
2. Teknologi
Informasi Dalam Dunia Bisnis
Teknologi informasi dapat diimplementasikan dalam dunia
bisnis, sehingga transaksi menjadi lebih
mudah dan cepat. berikut merupakan manfaatan teknologi informasi dalam dunia
bisnis:
- Mempermudah
Cara Komunikasi
Bagi banyak perusahaan, email adalah sarana utama komunikasi
antara karyawan, pemasok dan pelanggan. Email adalah salah satu pendorong awal
Internet, Penggunaannya sangat mudah dan relatif jauh lebih murah jika
dibandingkan dengan faksimile untuk berkomunikasi. Selama bertahun-tahun,
sejumlah alat komunikasi lainnya juga berkembang, yang memungkinkan para staf
untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan sistem chat (chatting), alat
pertemuan online dengan sistem konferensi video seperti webinar, Voice over
internet protocol (VOIP) dan masih banyak lagi lainnya.
- Memberikan
Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet, anda hanya membutuhkan satu klik dan semua
informasi sudah tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan yang
anda peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang
anda kelola. Selain itu anda dapat dengan mudah untuk mencari informasi yang
berkaitan dengan kompetitor anda.
- Manajemen
Data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen
perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa
perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan
menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan.
Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan,
terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan
memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat
mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan
- Sistem
Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang dapat
digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu sebagai
bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi
itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak
data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan
untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas
investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan.
- Prosedur
Pendirian Bisnis, Kontrak Kerja, dan Prosedur Pengadaan
Prosedur Pendirian Bisnis
Untuk membentuk sebuah badan usaha kita harus melewati
beberapa prosedur terlebih dahulu. Kali ini mari kita diskusikan prosedur dan
sedikit pengetahuan yang manyangkut pendirian badan usaha atau bisnis. Sebelum
melangkah lebih jauh, terlebih dahulu kita definisikan apa itu badan usaha.
Badan Usaha adalah kesatuan yuridis (hukum), teknis dan
ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Badan Usaha seringkali
disamakan dengan perusahaan, walaupun pada kenyataannya berbeda. Perbedaan utamanya,
Badan Usaha adalah lembaga sementara perusahaan adalah tempat dimana Badan
Usaha itu mengelola faktor-faktor produksi.
Adapun beberapa alasan pendirian suatu badan usaha adalah :
- Untuk hidup,
- Bebas dan tidak terikat,
- Dorongan sosial,
- Mendapat kekuasaan, atau
- Melanjutkan usaha orang tua.
Faktor-faktor yang harus dihadapi atau diperhitungkan di
dalam pendirian suatu badan usaha, khususnya di bidang IT adalah :
- Barang dan Jasa yang akan dijual
- Pemasaran barang dan jasa
- Penentuan harga
- Pembelian
- Kebutuhan Tenaga Kerja
- Organisasi intern
- Pembelanjaan
- Jenis badan usaha yang akan dipilih, dll.
- Aplikasi Bisnis
Aplikasi bisnis merupakan aplikasi/program yang dapat
didownoad melalui platform handphone atau komputer yang bertujuan memudahkan
transaksi bisnis.
Jenis Aplikasi Bisnis:
- QSB
Aplikasi ini bermanfaat untuk membantu pelaku usaha dalam
hal :
- Meramalkan nilai penjualan di masa yang akan datang dengan berbagai metode dan pendekatan
- Menentukan jumlah produksi yang paling ‘pas’ dan perubahan yang diijinkan
- Pembagian tugas karyawan yang paling efisien
- Menentukan lokasi usaha yang paling optimal
- Menentukan alokasi pengiriman barang
- Menyelesaiakan masalah antrian yang terjadi
- Dan masih banyak lagi
- QM for
Windows
Aplikasi ini manfaatnya sama dengan aplikasi QSB di atas,
namun versi gratisnyasudah tersedia di internet, hanya saja tidak semua
fasilitas bisa digunakan.
- Invest
Aplikasi ini bermanfaat untuk pelaku usaha yang memiliki
dana mengganggur dan ingin diinvestasikan ke surat berharga (Investasi ini
tidak monopoli pengusaha dengan dana besar, UMKM pun bisa). Denga aplikasi ini,
pelaku usaha akan dibantu menempatkan dana menganggurnya dengan
pertimbangan-pertimbangan yang lebih bisa dipertanggung jawabkan.
- CDP
Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha yang sering
dihadapkan pada banyak pilihan, ketika akan memutuskan sesuatu, misalnya :
- Mesin dengan merk apa yang akan dipilih
- Jenis transportasi apa yang akan dipakai untuk mengirim barang
- Pemasok mana yang akan dipilih
- Bentuk dan bahan kemasan yang akan digunakan, dll
Dengan aplikasi ini, pelaku usaha akan dibantu menentukan
pilihan yang paling memungkinkan (baik), diantara berbagai alternatif pilihan
yang ada.
- OpenOffice
Aplikasi ini menjadi pilihan apabila pelaku usaha ingin
membuat dan mencetak berbagai dokumen usaha (surat penawaran, daftar barang, dll).
Dengan aplikasi ini pula pelaku usaha bisa membuat anggaran, mengevaluasi
kinerja/hasil usaha. Pelaku usaha juga bisa melakukan presentasi dengan lebih
menarik
- Proses dan
Strategi Pengembangan Bisnis TI
Aturan E-Business dalam Bisnis
E-Bisnis atau Electronic Business merupakan segala aktivitas
bisnis yang dilakukan menggunakan komputer atau internet. Didalam e-bisnis
terdapat e-dagang dan e-pemasaran.
Aturan E-Business Dalam Bisnis :
- Komunikasi
Yang dimaksud dengan komunikasi adalah adanya fasilitas atau
media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi
elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang
dari penjual ke pembeli. Media komunikasi yang memadai yang bisa mempertemukan
pelaku e-Business menjadi syarat utama terselenggaranya.
- Komersial (Perdagangan)
Sisi komersial yang disyaratkan pada e-Business adalah
adanya sistem untuk melakukan transaksi online mulai dari promosi barang,
pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang. Pembeli barang memesan
barang tidak memerlukan melihat barang secara langsung tetapi melalui gambar
atau spesifikasi yang tercantum dalam website. Sedangkan untuk pemesanan,
sistem shopping online terhubung dengan sistem inventory untuk mengetahui stock
barang sehingga barang yang dibeli memang ada. Untuk pembayaran, sistem
shopping online harus terhubung dengan otoritas pembayaran misalnya bank atau
penyedia kartu kredit agar nilai yang dibayarkan oleh pembeli berasal dari alat
pembayaran yang sah dan memiliki nilai yang cukup.
- Proses Bisnis
Setiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi
elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari e-Business harus
melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi
informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang
menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan
dengan perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
- Layanan
Bagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan
teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer
menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau. Misalnya, dimensi
barang yang ditawarkan beserta spesifikasinya bisa diperiksa lebih seksama
sebelum dibeli (diakses melalui website), tidak diperlukan toko secara fisik,
dan bisa diakses dari mana saja dengan menggunakan internet. Bahkan dengan
sistem informasi, customer bisat dilayani secara khusus dan personal karena
data-data aktifitas customer direkam dan bisa dilakukan analisis untuk
meningkatkan pelayanan.
- Learning
Untuk meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun
pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota
masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
Perbedaan dengan transaksi tradisional adalah pembeli dan penjual tidak perlu
belajar sebelum melakukan transaksi sedangkan transaksi online karena pengguna
maupun pelaku tidak berhadapan dengan manusia tetapi dengan mesin computer maka
diperlukan proses edukasi agar mereka bisa menggunakan fasilitas atau media
transaksi dengan lancar.
- Kolaborasi
Satu siklus transaksi online antara penjual dan pembeli
melibatkan stakeholder lain yang harus berkolaborasi untuk menyelesaikan
transaksi tersebut. Pada saat pembayaran maka akan terjadi kolaborasi antara
penyedia shopping online dengan bank atau penyedia kartu kredit untuk
menyelesaikan proses pembayaran. Setelah dibayar maka terjadi kolaborasi antara
penyedia shopping online dengan gudang, dan jasa pengiriman barang untuk
mengantarkan barang sampai ke pembeli. Pihak lain yang juga terlibat adalah
pihak asuransi untuk melakukan penjaminan transaksi maupun atas barang yang
dikirim. Kolaborasi yang terjadi dalam e-Business.
- Komunitas
Dalam dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah
satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas
merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara
terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan,
maupun mekanisme transaksi.
Daftar Pustaka
Komentar
Posting Komentar